Tips menu sahur sehat

Akhirnya bulan Ramadan kembali datang, bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim diseluruh belahan dunia. Pada bulan Ramadan umat Islam menjalankan salah satu ibadah wajib, yaitu berpuasa, menahan lapar dan haus juga hawa nafsu.

Ramadan juga menjadi kesempatas emas untuk memperbanyak ibadah dan umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Akan tetapi sebagian masih ada yang bermalas-malasan dan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukan banyak aktivitas.

Padahal jikalau dilakukan dengan cara yang benar, puasa dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tubuh yang lemas menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Salah satu penyebab tubuh lemas adalah menu sahur yang salah.

Agar tubuh tetap segar saat berpuasa, inilah lima tips sahur yang benar.

1. Jangan Makan Berlebihan

Kebanyakan dari kita menganggap karena harus bertahan seharian tidak makan, maka kita harus menambah posri makan kita saat sahur. Ini merupakan salah satu kesalahan yang besar. Saat sahur makanlah dengan porsi sewajarnya, jangan berlebihan.

Makan berlebih ketika sahur dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak berenergi saat puasa. Karena anda akan menjadi mudah mengantuk karena makan dengan porsi yang berlebihan

2. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lama dicerna oleh usus jadi dapat menyimpan energi cadangan lebih banyak di dalam tubuh. Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini banyak ditemukan di dalam beberapa jenis makanan , seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi.

Untuk kebutuhan nasi yang terjamin kualitasnya anda dapat mempercayakannya pada produk-produk unggulan 9Bako. Saat ini produk 9Bako sudah tersedia di secara online di marketplace seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia. Anda dapat mendapatkannya dengan mudah tidak perlu lagi pergi ke pasar, toko kelontong atau pusat perbelanjaan.

Kemudian perbanyak makan makanan yang mengandung protein agar tubuk tidak lemas saat memasuki siang hari, juga hindari makanan yang pedas dan berlemak.

3. Jangan mengunyah makanan terburu-buru

Mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga mempengaruhi kualitas puasa. Pada saat sahur cobalah makan dengan santai, tidak usah terburu-buru. Kunyah makanan dengan perlahan. Makan dengan cepat dapat menyebabkaan terganggunya kadar gula dalam darah dan juga perut cepat kosong dan mudah lapar.

4. Konsumsi air yang cukup saat sahur dan berbuka

Tips Sahur yang keempat adalah perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, jangan sampai kebutuhan 8 gelas air pada tubuh kita tidak terpenuhi. Jika kebutuhan air tidak terpenuhi maka akan memuat kita kehausan dan lemas. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi dapat terhindar dari konstipasi atau sembelit saat puasa.

5. Jangan Tidur Setelah Shalat Subuh

Jika kita tidur setelah shalat subuh maka makanan yang kita konsumsi saat sahur akan terbuang sia-sia. Percuma dong sahur. Hehe

Itulah lima tips makan sahur, semoga dapat diterapkan saat berpuasa.